Guna meningkatkan kinerja dan mengevaluasi berbagai sistem yang mendukung pelayanan informasi dan dokumentasi, Petugas Layanan Informasi dan Dokumentasi PPID Utama Pemda DIY mengikuti Bimtek yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY pada hari Senin (22/2) di Hotel Inna Garuda.

Kegiatan ini dimulai pukul 13.00 WIB dan dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo DIY, Ir.Rony Primanto Hari, M.T. Menurutnya, Keterbukaan Informasi Publik menjadi concern Gubernur agar bisa lebih terbuka dan transparan. Keterbukaain Informasi Publik menjadi tugas pokok Kominfo dan dan diampu oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Rakhmat Sutopo, S.E mengatakan bahwa apa saja yang sudah dicapai PPID Pemda DIY di tahun 2020 menjadi komitmen dan tugas Petugas Layanan Informasi dan Dokumentasi PPID Utama Pemda DIY. Tahun 2020 PPID Utama Pemda DIY masuk dalam kluster informatif, “imbuhnya.

Adapun narasumber dalam acara ini yaitu Suharnanik Liatiana, S.Sos selaku Pegiat Keterbukaan Informasi Publik dan Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum selaku Kabag Humas dan Protokol UGM. Suharnanik Liatiana, S.Sos menyampaikan materi dengan topik Inovasi dan Evaluasi Layanan Informasi Publik PPID Utama Pemda DIY. Sedangkan Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum menyampaikan materi dengan topik Strategi Meraih Kualifikasi Badan Publik Informatif.

Kunci dari strategi meraih kualifikasi Badan Publik informatif adalah awareness dari pimpinan, “ujar Iva. Pimpinan UGM sangat aware saat UGM masuk peringkat 2. Perlu kerja keras dan kerjasama dengan PPID Fakultas untuk meraih kualifikasi informatif, “tambah Iva.

Kepala Seksi Layanan Penyediaan Informasi dan Publikasi, Drs Junaidin berharap semoga dengan keikutsertaan Petugas Layanan Informasi dalam acara Bimtek ini dapat meningkatkan komitmen serta kinerja PPID Utama Pemda DIY.