Komisi Informasi Daerah (KID) DIY melaksanakan kegiatan Visitasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi 2021 untuk kategori OPD Pemerintah Daerah DIY pada Rabu (13/10) di Ruang Aula Timur Dinas Sosial DIY, Jalan Janti, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh Komisioner KID DIY, Kepala Dinas Sosial DIY, pejabat struktural Dinas Sosial DIY, sekretariat KID DIY dan staf Dinas Sosial DIY. Acara diawali dengan sambutan sekaligus presentasi dari Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih, S.H. M.Si. Beliau mengatakan bahwa kita bekerja dengan filosofi mikul dhuwur mendem jero dan melayani masyarakat dengan semangat tinggi. “Core bisnis di Dinas Sosial DIY ada 2 (dua) yaitu perlindungan dan jaminan sosial, rehabilitasi sosial serta perubahan perilaku bagi PMKS, dan peningkatan kemampuan, partisipasi dan peran PSKS, “jelas Endang. “Upaya peningkatan kualitas pelayanan di Dinas Sosial DIY dengan mengumumkan informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui website atau medsos Dinas Sosial DIY, dan terus berusaha mengembangkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, “tambah Endang.


Lebih lanjut lagi beliau mengatakan bahwa pelayanan informasi pada masa pandemi covid 19 yaitu koordinasi dan fasilitasi shelter karantina covid 19 dan mengenalkan digital marketing dalam penyuluhan pemberdayaan. “ Kami juga melakukan ASN peduli dengan pemberian bantuan dari ASN pada masyarakat dengan pemberian sembako, “ungkap Endang. “Kita berinovasi bagaimana aplikasi yang banyak dengan integrasi data dengan nama Manunggal Raharja, artinya satu rumah untuk kesejahteraan masyarakat. Harapannya mudah-mudahan di tahun 2022 masalah-masalah sosial dapat berkurang, “imbuh Endang.


Koordinator Kelembagaan Komisi Informasi Daerah DIY, Ir. Rudy Nurhadoko, mengatakan bahwa Keterbukaan informasi adalah salah satu kunci kebahagiaan internal Badan Publik dan dari eksternal. Ada partisipasi baik dari Badan Publik dan masyarakat sehingga nantinya program-program tersebut akan efektif. “Saya ucapkan selamat karena lompatan dari Dinas Sosial DIY sangat luar biasa. Dari data yang disampaikan dan faktualnya cocok. Kami dari KID DIY membuka diri siap untuk bekerjasama dengan Dinas Sosial, tutur Rudy. Rudy berharap agar Dinas sosial DIY membuat video tentang Keterbukaan Informasi Publik dan menyediakan layanan untuk penyandang disabilitas guna meningkatkan pelayanan pada masyarakat.